Sabtu, 14 April 2012

Satuan Layanan (SATLAN)

TUGAS
BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK



DI SUSUN OLEH :
NASRIADI
A 501 09 037


PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO
2010


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

1.    Judul                                  : Program dan cara belajar di sekolah   
2.    Bidang layanan                 :  Bimbingan Belajar
3.    Jenis Layanan                   : Orientasi
4.    Fungsi Layanan                : Pemahaman
5.    Tujuan layanan                 : Siswa mengetahui cara-cara belajar yang baik di sekolah
6.   Sasaran layanan                 : Semua Siswa kelas VII
7.   Uraian kegiatan
•    Kegiatan          : Penyajian materi,Pemberian tugas
•    Materi              : Penyajian informasi tentang program dan cara belajar di sekolah
•    Metode            : Ceramah,Tanya jawab,Tugas
8.   Tempat penyelenggaraan    : Ruang Kelas
9.    Waktu                                : 45 Menit
       Tanggal                              :  November 2010
        Semester                           : Ganjil
10.   Pihak yang terlibat            : Guru pembimbing sebagai motivator,Siswa kegiatan dan perananya
11.   Alat yang di gunakan        :  Modul BK,spidol dan Whiteboard




12.   Penyelenggara layanan     :  Nasriadi
13.    Rencana penilaian           :   kemampuan siswa dalam menerapkan cara-cara belajar yang baik
          Dan tindak lanjut 
14.   Catatan Khusus                :    Siswa perlu di perkenalkan dengan bagaimana cara belajar belajar
                                                      Yang baik di sekolah




Palu,   November 2010
Mengetahui

Guru Pembimbing

Dra.Nurwahyuni,Msi

A.    Cara Belajar Efektif
Sebagai pelajar tugas Anda adalah belajar dengan baik demi tercapainya cita-cita yang diinginkan. Ada baiknya kamu buat persiapan terlebih dahulu untuk persiapan satu semester ke depan. Persiapan itu bukan hanya masalah buku pelajaran atau baju seragam saja, bahkan ada yang lebih penting lagi. Pertama tentukan target kamu di semester ini dan buat jadwal harian yang isinya langkah-langkah menuju target tersebut.Supaya target belajarmu bisa tercapai, simaklah tips-tips di bawah ini:
  1. Bertanggung jawab atas dirimu.Tanggung jawab merupakan tolak ukur sederhana di mana kamu sudah mulai berusaha menentukan prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
  2. lang kembali pelajaran yang telah didapat di sekolah.Mengulang kembali pelajaran yang didapat di sekolah akan mempermudah kamu mengingat kembali pelajaran tersebut
  3. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran di sekolah.
  4. ara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajar yang telah didapat kemudian buat kesimpulan dengan kata-katamu sendiri.
  5. Ketik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru kamu dapat dari sekolah
  6. Belajar sambil mendengarkan musik, pilih musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik seperti Beethoven atau Mozart bisa membantu kamu, karena musik ini cocok banget buat menemani kamu selama mengerjakan tugas dan belajar di rumah.

B.    CARA BELAJAR YANG BAIK  BUAT REMAJA DI SEKOLAH
Belajar buat remaja masa sekolah sangatlah penting sekali karena itu untuk bekal dimasa depan dan dalam hal belajar ini perlunya suasana yang tenang , karena dalam suasana demikan remaja dapat berkonsentrasi, memusatkan pikiran pada pelajaran yang hendak di pelajari dan suasana yang tenang itu membuat semangat belajar jadi lebih giat.

Maka Jika ingin melakukan cara belajar terbaik itu :
1.    Paling efektif jika dilakukan pada waktu subuh dimana suasananya masih tenang hingga bisa lebih kosentrasi dalam memahami pelajaran.
Usahakan ketika baru bangun tidur jangan langsung belajar, tetapi mencuci muka atau langsung mandi, dan jika beragama islam lakukan sholat subuh terlebih dahulu jangan lupa berdoa agar mendapat ilmu yang bermanfaat.

2.     lakukan beberapa gerakan badan atau senam kecil seperti menggerak-gerakkan tangan, kaki dan leher secara perlahan agar badan segar. Hal ini agar pikiran mudah menangkap apa yang akan dipelajari karena dengan badan yang segar pikiran mampu mencerna apa yang sedang dipelajari.
Dan  jika rekan remaja dapat melakukannya secara rutin tentu saja dapat membawa hasil yang baik dan memuaskan.

C.    CARA BELAJAR YANG BAIK UNTUK UJIAN
Banyak orangtua, guru dan mungkin teman kita memberikan nasihat agar kita belajar jauh hari sebelum waktu pelaksanaan ujian tiba. Tidak sedikit buku tentang cara belajar yang juga memberikan nasihat demikian. Secara umum kita semua setuju, terutama ketika kita masih duduk di bangku sekolah, agar belajar secara bertahap dan sistematis.Sebaliknya, pada dasarnya kita tidak setuju cara belajar dengan Sistem KebutSemalam (SKS), yakni belajar semalam suntuk hanya pada saat menjelang ujian keesokan harinya. Selain melelahkan dan mendatangkan stres, cara belajar SKS tidak memberikan hasil yang memuaskan, bahkan cenderung menuai kegagalan.Namun, dengan berbagai alasan banyak siswa atau mahasiswa yang masih sukabelajar dengan cara SKS.Melihat betapa besar pengorbanan orangtua dan mungkin juga sanak-saudara,mengeluarkan biaya dan mencurahkan perhatian kepada kita dengan harapan kita memperoleh pendidikan yang baik dan kelak memiliki bekal ilmu.
Adanya Motivating your mind (memotivasi pikiran) dan Acquiring the information adalah sangat penting,hal itu di karenakan Langkah pertama dalam belajar cepat adalah motivasi. Ini penting sekali. Berapa banyak orang yang berusaha untuk belajar tanpa motivasi, Mereka menganggap belajar sebagai suatu bentuk penderitaan. Dengan sikap seperti ini bisa dibilang secara bawah sadar otak akan menolak informasi yang masuk karena dianggap negatif Jelas saja kita jadi sangat sulit belajar. Bandingkan dengan orang yang termotivasi, yang menganggap belajar itu seru dan mengasyikkan. Secara bawah sadar otak akan dengan senang hati mempersilakan informasi untuk masuk.
Kemudian adanya Acquiring the information (memperoleh informasi),Ada tiga gaya belajar utama, yaitu visual (melalui penglihatan), auditori (melalui pendengaran), dan kinestetik (melalui tindakan). Kita akan lebih cepat menangkap informasi kalau kita belajar sesuai dengan gaya belajar kita. Oleh karenanya kita perlu mengenali gaya belajar yang cocok untuk kita lalu mempraktekkannya.
Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Belajar pada umumnya dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung dibimbing oleh Bapak atau Ibu Guru. Belajar yang baik juga dilakukan di rumah baik dengan maupun tanpa pr / pekerjaan rumah. Belajar yang dilakukan secara terburu-buru akibat dikejar-kejar waktu memiliki dampak yang tidak baik.
Berikut ini adalah tips dan triks yang dapat menjadi masukan berharga dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan atau ujian :
1.    Belajar Kelompok
              Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain.
Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.
2.    Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran

           Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan media mencontek karena dapat merugikan kita sendiri.
3.    Membuat Perencanaan Yang Baik
            Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan menargetkan yang yang nomor satu jika saat ini kita masih di luar 10 besar di kelas. Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik.
4.    Disiplin Dalam Belajar
            Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain dengan teman atau game dapat merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar.
 Jika bermain video game sebaiknya pilih game yang mendidik dan tidak menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kekesalan yang tinggi jika kalah.



     5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman.
    6. Belajar Dengan Serius dan Tekun
 Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti. Jika kita sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.
7. Hindari Belajar Berlebihan
Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam / begadang atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.
8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian
Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian. Mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong.
Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya.
Anggaplah dengan nyontek pasti akan ketahuan guru dan memiliki masa depan sebagai penjahat apabila kita melakukan kecurangan.
Semoga tips cara belajar yang benar ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, amin.
D.    Cara Belajar Efektif di Sekolah
Setiap siswa pasti mendambakan dapat memperoleh nilai baik di sekolah. Nilai baik tersebut tidak diperoleh begitu saja secara cuma-cuma. Siswa harus menguasai mata pelajaran yang dipelajari sehingga mudah menjawab soal pada saat ujian mata pelajaran. Oleh karena itu, proses belajar yang efektif dapat membantu siswa memperoleh nilai baik. Cara belajar efektif di sekolah di antaranya adalah dengan melakukan beberapa tips berikut di bawah ini:
1.     berdoa sebelum memulai belajar di kelas. Dengan berdoa berarti kita telah memfokuskan niat dalam hati untuk belajar di sekolah sehingga saat di sekolah perilaku kita tidak menyimpang kepada hal-hal yang tidak baik atau bahkan hal negatif. Doa juga sangat bermanfaat bagi siswa karena dengan berdoa maka siswa telah menyerahkan segalanya kepada Tuhan YME dan memohon akan hasil terbaik atas segala tindakan yang dilakukannya di sekolah.
   
2.     datang tepat waktu ke sekolah. Hal ini harus dibiasakan sedini mungkin karena tidak sedikit siswa yang memiliki kebiasaan datang terlambat ke sekolah. Datang terlambat dapat berdampak kurang baik bagi siswa dan juga guru atau teman sekelas siswa. Hal ini karena ketika siswa datang terlambat maka dia sudah ketinggalan beberapa materi mata pelajaran yang sedang diterangkan guru dan juga siswa sudah mengganggu kegiatan belajar mengajar di kelas.

3.    perhatikan guru ketika menerangkan di depan kelas. Tidak jarang kata-kata seorang guru mengandung ilmu pengetahuan tak tersurat yang sangat berguna sebagai sumber pengetahuan siswa.

4.    aktif pada saat proses belajar mengajar di kelas. Dalam hal ini siswa selain mendengarkan guru yang sedang menerangkan, dia juga bisa ikut aktif dalam menyampaikan pendapat atau gagasan mengenai suatu materi pelajaran. Siswa juga dapat menanyakan secara langsung kepada guru bahan pelajaran apa saja yang tidak dimengerti atau tidak diketahuinya. Dengan demikian, siswa akan memiliki ingatan lebih kuat tentang materi pelajaran dan juga melatih kemampuan berkomunikasi di depan umum.

5.    berteman dengan teman-teman yang memiliki semangat belajar yang tinggi. Dalam hal ini bukan berarti siswa memilih-milih teman di sekolah tetapi diharapkan mampu menganali kondisi di mana dia belajar sehingga bisa memutuskan mana yang akan membuatnya lebih maju atau lebih mundur. Dengan demikian jangan sampai siswa terbawa ke dalam pergaulan yang merugikan.

6.     mengumpulkan bahan mata pelajaran, baik buku catatan, buku paket, buku LKS, buku soal dan pembahasan, modul, artikel pendidikan dan lain sebagainya. Semakin lengkap sumber belajar yang dimiliki siswa maka akan semakin banyak pula ilmu yang akan diperolehnya. Hal ini akan berguna bagi siswa saat diselenggaraknnya ujian mata pelajaran karena siswa memiliki pengetahuan yang banyak tentang mata pelajarang yang diujikan.


7.    memanfaatkan jam pelajaran kosong atau waktu senggang di sekolah. Siswa dapat mengunjungi perpustakaan dan membaca berbagai jenis buku yang bermanfaat baginya. Selain itu, siswa juga dapat mengadakan diskusi yang berkaitan dengan mata pelajaran atau bahkan belajar bersama sehingga teman yang lebih pintar dapat membantu teman lain yang belum mengerti.


8.     hindari bertindak curang saat ujian, misalnya menyontek. Hal ini akan berdampak buruk bagi pola pikir siswa dan bila dilakukan secara terus-menerus, akan menjadi kebiasaan buruk yang sulit ditinggalkan. Dengan menyontek berarti siswa telah memililki rasa tidak percaya diri akan kemampuannya dan membangun sikap bergantung kepada orang lain. Selain itu, menyontek dapat menimbulkan sikap malas belajar. Oleh karena itu siswa tidak akan pernah menguasai ilmu pengetahuan yang diperlukanhnya di masa yang akan datang.

9.     menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Kondisi tubuh yang sehat sangat sangat berpengaruh terhadap segala aktifitas yang siswa lakukan. Dengan kondisi yang sehat pula siswa akan memiliki konsentrasi yang tinggi dan semangat belajar yang besar dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Selain tips belajar di atas, siswa juga dapat melakukan hal lainnya selama kegiatan tersebut memperlancar proses belajarnya di sekolah. Semoga cara belajar efektif di atas dapat membantu siswa dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan baik.
Beberapa tips di bawah ini sangat menentukan dan efektif diterapkan supaya anak suka belajar :
1 Suasananya yang menyenangkan  adalah Syarat mutlak yang diperlukan supaya anak suka belajar. Menurut hasil penelitian tentang cara kerja otak, bagian pengendali memori di dalam otak akan sangat mudah menerima dan merekam informasi yang masuk jika berada dalam suasana yang menyenangkan.

2. Membuat anak senang belajar adalah jauh lebih penting daripada menuntut anak mau belajar   supaya menjadi juara atau mencapai prestasi tertentu.Anak yang punya prestasi tapi diperoleh dengan terpaksa tidak akan bertahan lama. Anak yang bisa merasakan bahwa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan akan mempunyai rasa ingin tahu yang besar, dan sangat mempengaruhi kesuksesan belajarnya di masa yang akan datang.
3. Kenali tipe dominan cara belajar anak,apakah tipe Auditory (anak mudah menerima pelajaran dengan cara mendengarkan), Visual (melihat),dan kinestik(melalui tindakan).
4. Belajar dengan jeda waktu istirahat setiap 20 Menit.

Kemudian ada beberapa tips untuk dapat berkonsentrasi dalam kegiatan belajar,yaitu seperti berikut : Mudah-mudahan dengan mengikuti tips-tips berikut, belajar kamu jadi lebih sukses lagi.
1.    Jangan biarkan gangguan itu datang,Biasanya ketika kita belajar, pasti akan datang yang namanya gangguan.Gangguan ini bentuknya bisa macam-macam.Mulai dari televisi, telepon hingga nyamuk yang menyerang. Kalau sudah diganggu, biasanya konsentrasi belajar jadi buyar.Untuk menghindari itu semua,kondisikan situasi disekitar kamu supaya gangguan-gangguan tadi bisa dihindari.Misalnya, matikan ponsel.
2.    Siapkan catatan kecil,Jangan pernah meremehkan kekuatan dari sebuah catatan. Selalu siapkan beberapa lembar kertas berukuran kecil. Catat hal-hal yang penting untuk diingat.
3.    Buat target yang hendak dicapai,Belajarlah dengan target. Tetapkanlah berapa jumlah halaman yang akan dibaca.Juga tetapkan berapa lama kamu akan belajar saat itu.
4.    Siapkan penghargaan untuk dirimu Setelah serius belajar, kamu butuh menyenangkan diri sendiri.

Sering kita bingung kapan waktu belajar yang efektif,Apakah pagi,siang,sore atau malam.Sebenarnya waktu belajar yang baik adalah sesuai sikon dan toleransi.
Tiap orang pasti punya cara yang berbeda-beda buat belajar. Ada yang sukanya cuma belajar kalau di sekolah saja, ada juga yang di sekolah atau di kampus nggak perhatikan guru atau dosen mengajar, jadi ya terpaksa pas di rumah belajar mati-matian.
Situasi dan kondisi lingkungan sekitar kita juga turut menentukan waktu belajar yang tepat. Kalau rumah kita dekat dengan pabrik yang berisik di siang hari ya berarti yang bagus belajarnya ya malem-malem pas lagi sepi, tapi kalau rumah dekat tempat hiburan malam ya terpaksa belajar pagi atau sore di luar jam sekolah atau kuliah.
Yang paling bagus belajar itu menyesuaikan dengan mood dan toleransi tubuh kita. Kalau kita jam 8 malam udah terasa mengantuk berat ya sebaiknya belajar sore atau selepas maghrib. Kalau mood lagi nggak asyik ya sebaiknya jangan memaksakan untuk belajar karena belajarnya bisa sia-sia. Tapi jangan jadikan mood yang jelek sebagai alasan buat tidak blajar.
Belajar juga nggak harus di rumah sendirian tetapi bisa ikut bimbingan belajar alias bimbel atau belajar kelompok sama teman-teman yang belajarnya getol dan serius abis. Hindari belajar bersama teman yang cuma becanda saja kerjaannya karena belajar jadi percuma. Belajar juga harus dibatasi waktunya, karena kita juga butuh hiburan. Usahakan istirahat belajar setelah satu atau dua jam untuk sekedar cari angin, makan cemilan, main gitar, nonton film kartun, ngobrol dengan teman atau keluarga, dsb.
Jadi waktu belajar memang tidak bisa ditentukan sama untuk semua orang karena banyak sekali faktor yang menentukan. Tetapi pada intinya jangan memporsir balajar sambil begadang karena hasilnya tidak akan maksimal dan cenderung memperlemah pertahanan tubuh kita sehingga akan mudah terserang berbagai penyakit.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar